Dibalik tayangan siaran langsung MotoGP Dorna …!!!

Valentino Rossi
Well,… Jika kita nonton siaran motoGP memang kita bisa menikmati banget …!!! Tentu kita nggak berpikir behind scene dari siaran langsung tersebut …!!! Naaagh, pada kesempatan kali ini juragan berkesempatan meninjau dibalik siaran tersebut …!!! Mari kita bahas secara lebih dalam…




Pihak Dorna memang mengerjakan siaran ini secara inhouse… Hal ini agar standard penayangannya sama …!!! Pihak Dorna menempatkan sekitar 22 kamera sepanjang circuit. Juga pada saat race ada juga kamera menggunaman helicopter … Dam sekitar 100an camera on board yang ditempatkan pada motor …!!!



Pihak Dorna memperkerjakan sekitar 160an orang untuk setiap hajatan MotoGP …!!! Pihak Dorna juga menggunakan berbagai peralatan canggih …!!! Semua peralatan sudah menggunakan digital… dan format movie nya adalah kualitas HD, kapasitas storage nya sekitar 200 terabytes aka 200 juta Megabytes …!!!



Naaagh ruangan untuk live editing memang khusus… Dimana video, text dalam bentuk nama rider ataupun catatan waktu, maupun suara komentator semua dilakukan secara online …!!! Hasil editing tersebut dikirim via satelit ke server Dorna di Bercelona. Semua crew sutradara menggunakan bahasa spanish untuk komunikasi …!!!



Naaagh dari server di barcelona ini tayangan di distribusikan… Ada yg ke TV Indonesia, ada yang ke Amrik etc …!!! Agar kualitas nya bagus… Menurut info yang diperoleh sekitar 31 Mbps siaran ini didistribusikan ke masing-masing TV yg subscribe …!!! Investasi perangkatnya cukup mahal… Yaagh sekitar beberapa unit Boeing 747-400 …!!! Karena mahalnya terpaksa deeegh…. Para crew bekerja keras… Apalagi jika jarak antar race cuma 1 minggi… Bakalan lembur-lembur sampai pagiiii …!!!



Filed under: Management, MotoGP

Panduan Bisnis Online

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner