Mesti begeneee,… pabrikan Yamaha meresponse gerakan Honda …!!!


Well,… sambil ngisi waktu di taxi… Juragan sempet bikin sketch di IPad… bagaimana seharusnya Yamaha meresponse ‘pergerakan’ Honda …!!! Yup,… gerakan Honda sudah juragan bahas di tahun 2009 lalu… bahkan sampai apabila diperlukan masukin CB300 namun bermesin 250cc… untuk menandingi Suzuki GW250 ataupun Fazer 250 …!!! Naaagh gerakan utama adalah menyerang Yamaha V-ixion… yang ternyata nggak mempan dilawan oleh New Megapro… !!!




Langkah pabrikan Yamaha sudah ‘on the track’ dengan memasukkan Yamaha Byson untuk ‘meredam’ keganasan New Megapro… !!! Soal produksi kurang sehingga terjadi indent itu cerita lain …  tapi dari sisi strategy portfolio product sudah ‘on the track’ …!!! Naaagh masalah akan terjadi jika New Bike Honda… yang mempunyai trellis frame muncul ke permukaan …!!! Yamaha V-ixion bisa sangat mungkin akan limbung… lha wong trellis frame nyata-nyata kereeen kok …!!! Mirip euforia Byson … pas dengan mindset sampai orang mau indent 7 bulan… tambah 2 bulan lageee… bisa lahir nggak premature … !!! :D



Naaagh,… agar euforia ‘New Bike’ Honda nggak cepat menjadi demam mindset konsumen Indonesia… maka gejala demam perlu diredam… dengan menambah ‘obat’ penghilang demam …!!! Naaagh,… dari obat yang ada… cuma Yamaha R15 yang bisa …!!! Yamaha nggak punya pilihan yang terbaik… untuk menghadapi si calon pembunuh The Giant Killer …!!! Keuntungan utama pabrikan Yamaha adalah Yamaha R15 yang merupakan pengembangan lebih lanjut dari V-ixion… bahasa kasarnya… V-ixion berbaju …!!! Walaupun berbaju… bentuk yang baby R6 tentu sangat diminati oleh para konsumen muda… dan product ini ditunggu-tunggu !!!



Naaagh persoalannya adalah… apakah mau nunggu dulu… si new bike Honda brojol… atau mau ‘dipotong’ duluan …!!! Juragan sempet menanyakan kepada petinggi Yamaha… namun belum ada keputusan pada saat Juragan bertanya …!!! Cara terbaik dalam bertahan melawan pabrikan Honda adalah menyerang… coz kalau bertahan seberapa kuat untuk bertahan …??? Mestinya langsung keluarkan statement… dalam jangka waktu dekat akan keluar Yamaha R15… Apes-apes nya ditahun 2012… terserah mau di bulan apa… ya thooo …??? So… statement ini sudah bisa meredam gejolak mindset konsumen …!!!



Naaagh, … homework berikutnya adalah penentuan masalah pricing … ya thoo ..??? Naaagh pricing yang efektif bisa memukul 2 target… yaitu new bike Honda… plus Honda CBR 150R yang dibanderol Rp.33 jeti …!!! Patok harga di kisaran Rp. 26 – 27 jeti… so intinya harganya ‘masuk’ dipikiran konsumen jika V-ixion mau pake baju… !!! Jika sudah sepakat… tinggal translasikan strategy into action… soaleee kalau ngemeng aja… sama juga NATO… pepesan kosong… adu balung tonpo isi… !!! Konkritnya … kapan diadakan pengucapan statement… kapan diadakan spy shot… kapan di TPT kan… !!! Persoalan kapasitas produksi masih kecil… itu urusan belakangan… yang penting ‘nyodoook’ dulu… kalau nggak mau… yaaa siap-siap aja… ‘boyoook’ … dan lama-lama bisa ‘bosoook’ … bukan kah demikian …??? :mrgreen:



Filed under: Honda, Management, Marketing, Yamaha Tagged: R15, trellis frame, V-ixion

Panduan Bisnis Online

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner