DUCATI MULETTO RODA TIGA?

Sudah pasti kita gak akan asing lagi mendengar brand motor Ducati asal Italia itu, terlebih lagi kalau agenda nonton MotoGP ataupun WSBK gak pernah terlewatkan sama sekali. Ducati sudah terkenal dengan desain motor yang sangat eksklusif namun artistik, bisa dibilang juga kalau motor buatan Ducati sebagai maha karya dalam dunia otomotif roda dua. Coba lihat saja dari Ducati Monster, Ducati Multistrada, Ducati Desmosedici hingga Ducati Diavel, semuanya tampil sangat memukau para bike enthusiasts. Tak heran, penggemar motor asli Italia yang bermarkas di Bologna ini menyisihkan uang yang relatif besar untuk bisa meminang motor Ducati ini. Ditambah lagi performa motor Ducati memang sangat tangguh dan tampil menawan. Sebagian orang mengganggap motor ini sulit dikendalikan dan terkesan liar. Dibalik gencarnya Ducati memproduksi motor-motor supernya saat ini, ternyata Ducati memiliki sejarah juga dalam perkembangan versi roda tiga. Kita tahu bahwa pemain lama kendaraan roda tiga adalah Bajaj dan Piaggio, nah bagaimana dengan Ducati?

Mesin Ducati Muletto 200cc


Seperti yang kita ketahui, model mesin Ducati biasa mengadopsi model L-twin. Nah, bagaimana dengan produk satu ini? Sangat klasik sekali...

Ducati Muletto 200cc tampak depan dengan model bak terbuka

Inilah kendaraan roda tiga yang diproduksi oleh Ducati, mereka memberi nama Ducati Muletto, berbasis mesin 2 stroke OHC single, dengan kubikasi 200cc yang diproduksi pada tahun 1958 dengan kecepatan maksimum 60 km/jam dan daya tampung mencapai 350 kg. Muletto 200cc merupakan versi terakhir kendaraan roda tiga yang diproduksi oleh Ducati. Walau sebelumnya pernah juga memproduksi Muletto dengan kapasitas 175cc pada tahun 1957 dan Fattorino pada awal tahun 1950 yang berkapasitas 48cc.

Tangki bahan bakar Muletto


Yang menarik pada produk ini adalah apa yang akan terjadi dengan image Ducati saat ini, apabila Jakarta sejak jaman dulu tidak menggunakan roda tiga pabrikan Bajaj untuk transportasi umum, melainkan Ducati Muletto 200cc yang notabene 2 tak dan asapnya mengepul kemana-mana? Apakah kita akan enggan memakai motor dengan embel2 Ducati? Hal ini terjadi juga pada varian motor Bajaj, sebagian orang enggan meminang motor Pulsar karena ada embel2 Bajaj (atau sering disebut bajay, bajay bajuri)...Silahkan dinikmati dan salam!

Dengan balutan warna hijau dongker, cocok buat dikoleksi

Iklan Ducati Muletto versi convertible?
Sumber dan Foto : Bikeexif , Ducatinewstoday dan Hamachamps

Panduan Bisnis Online

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner