Perbandingan speedometer GPS,… Race Logic vs Wayway Q4331 …!!!


Well,… didasari oleh rasa penasaran gimana seeeh akuratnya antara 1 alat GPS dengan GPS lain… maka juragan mencoba melakukan komparasi alat …!!! Ukuran yang dicoba adalah speedometer untuk mengukur kecepatan antara Race Logic yang sudah umum digunakan dalam mengetest keakuratan kecepatan dengan GPS Wayway Q4331 … !!! Hasilnya pun dapat dijelaskan sebagai berikut … :mrgreen:



Ternyata 2 alat tersebut menunjukkan perbedaan pada titik waktu pengukuran …!!! Pada saat akselerasi misalnya pada kecepatan 5 km/h… Race logic telah menunjukkan angka tersebut… namun GPS wayway masih menunjukkan angka 0 km/h …!!! Demikian pula ketika mobil digeber … race logic bisa mengikuti sampai 40 km/h… namun wayway baru sampai 36 km/h …!!! Yaaagh hal ini memang bisa dimaklumi karena race logic cukup ‘sensitif’ terhadap perubahan kecepatan… sedangkan GPS wayway terlihat ‘kurang sensitif’ …!!! Hasil pengukuran nya terdapat deviasi sekitar 0 – 5 km/h …!!!


Demikian pula saat deselerasi,… terdapat pula perbedaan kecepatan… dimana ketika race logic telah menurunkan kecepatan… wayway masih lambat mengikuti pergerakan penurunan kecepatan tersebut …!!! Misalnya saja terjadi penurunan kecepatan dari 50 km/h …. pada saat race logic menunjukkan angka 35 km/h … wayway menunjukkan angka 37 km/h …!!! Demikian pula ketika penurunan kecepatan dimana race logic menunjukkan angka 10 km/h… maka wayway menunjukkan angka 14 km/h …!!! Lagi-lagi selisihnya bisa mencapai 0 – 5 km/h …!!!


Dari hasil ini juragan agak geleng-geleng kepala… lha wong sama-sama alat GPS langsung nembak ke satelit saja hasilnya bisa beda … pada suatu waktu pengukuran …!!! Sayang saza juragan belum sempat mengetest perbandingan pada alat model handphone atau IPad yang nggak punya chip khusus untuk nembak ke satelit… dimana ada juga applikasi seperti Speedomter …!!! Last,… yang bisa disimpulkan adalah… ternyata untuk pengukuran kecepatan pun… nggak bisa digunakan sembarangan alat… so hati-hati dalam pengukuran …!!! :D



Filed under: Otomotif, Parts Tagged: Race Logic, Wayway Q4331

Panduan Bisnis Online

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner